Filosofi Tujuh Gradasi Warna pada Batik Mega Mendung
03 September 2018

Batik Mega Mendung khas Cirebon yang bermotif seperti gumpalan awan yang mengerucut pada setiap ujungnya memiliki makna yang mengajarkan kita tentang kesabaran dan ketelitian. Mengapa demikian?

Seorang pembatik diharapkan memililki kesabaran dan ketelitian di dalam menggarapnya. Selain itu ada harapan pula bagi siapa saja yang memakai batik ini agar memiliki sifat sabar.

Sesuai dengan nama mega mendung, yang terdiri dari kata mega berarti awan yang luas serta mendung yang diartikan sebagai langit yang meredup atau biasa terjadi saat akan turun hujan, mega mendung bermaksud menaungi atau mengayomi. Kata mendung juga menjadi simbol Kerajaan Cirebon yang berkewajiban mengayomi dan melindungi rakyatnya, yaitu untuk selalu membawa kesejukan dan kedamaian.

Selain itu jika Urbanites perhatikan, sekilas pada motif batik mega mendung terdapat gradasi warna yang didominasi warna biru. Jumlah gradasi warna pada batik ini ada tujuh lapis yang diartikan sebagai tujuh lapisan langit.

Pendapat lain mengatakan motif mega mendung merupakan hasil dari pengaruh pendatang dari China, yang dahulunya sering singgah di pelabuhan Muara Jati Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan fakta sejarah bahwa Sunan Gunungjati dahulu menikahi Ratu Ong Tien dari Negeri Cina. Beberapa benda seni yang dibawa dari negeri Cina pada saat itu di antaranya keramik, piring, kain yang berhiaskan bentuk awan sebagai cikal bakal motif batik mega mendung. Dalam paham Taoisme, motif awan merupakan gambaran dunia luas, bebas dan mempunyai makna Ketuhanan.

Urbanites, konsep mengenai awan ini juga ada pada dunia kesenirupaan Islam pada abad ke 16 yang digunakan oleh kaum sufi sebagai ungkapan dunia yang luas atau alam bebas.

Kini motif batik mega mendung telah dikreasikan tidak hanya dengan gradasi warna biru tua – biru muda, namun juga dengan pattern warna lainnya yang membuatnya semakin kaya. Salah satu yang bisa kamu lihat adalah pada desain DGD Indonesia “Seven shades of blue”. Desain ini juga terinspirasi dari keindahan batik mega mendung.

SHOPPING CART

CLOSE