Burung Rangkong dianggap Suci oleh Suku Dayak, Ini Alasannya!
23 August 2018

Banyaknya suku, adat, dan budaya di Indonesia semakin memperbanyak pula khasanah kita akan uniknya sejarah dari setiap suku tersebut. Salah satu yang menarik adalah pada suku Dayak di Kalimantan, konon masyarakat suku Dayak sangat mengyucikan burung rangkong.

Burung rangkong sendiri ada beberapa jenis, salah satu yang disucikan oleh suku Dayak adalah rangkong badak. Burung ini berukuran sangat besar, yaitu 110 centimeter dengan dominasi warna hitam dan putih pada bulunya. Burung ini mudah dikenali terutama dari cula pada pangkal paruhnya.

Masyarakat suku Dayak di Kalimantan memberi penghargaan yang sangat tinggi terhadap burung ini, bagi mereka selain melambangkan kesucian, rangkong badak juga melambangkan kekuatan, dan kekuasaan. Bahkan komunikasi dengan arwah leluhur terjadi melalui perantara burung ini.

Hal ini tergambar jelas dalam seni tari budaya Dayak yang didominasi oleh hiasan bulu burung rangkong. dalam dunia makrokosmos masyarakat suku Dayak, arwah yang melindungi pulau Kalimantan dan mesyarakat Dayak sering menampakkan diri dalam wujud rangkong raksasa yang dikenal dengan nama Panglima burung.

Di luar cerita rangkong oleh Suku Dayak, fakta menarik spesies ini adalah, ia dikenal peduli kepada pasangannya. Rangkong badak jantan biasa membawakan makanan pada rangkong betina melalui lubang yang disisihkan pada sarangnya. Rangkong betina akan mengambilnya ketika telur yang dieraminya akan menetas.

Rangkong badak juga dikenal setia pada pasangannya. Apabila salah satu pasangannya mati maka burung tersebut akan tetap sendiri hingga akhir hidupnya tanpa mencari pasangan lain.

Namun satu hal yang disayangkan, spesies burung ini termasuk jenis burung yang hampir mengalami kelangkaan. CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) juga mengklasifikasikan burung ini ke dalam kategori Appendix II, yaitu sebagai jenis yang dilarang untuk perdagangan komersial internasional karena kelangkaannya.

SHOPPING CART

CLOSE