Filosofi Tujuh Gradasi Warna pada Batik Mega Mendung
03 September 2018

Batik Mega Mendung khas Cirebon yang bermotif seperti gumpalan awan yang mengerucut pada setiap ujungnya memiliki makna yang mengajarkan kita tentang kesabaran dan ketelitian. Mengapa demikian?

Seorang pembatik diharapkan memililki kesabaran dan ketelitian di dalam menggarapnya. Selain itu ada harapan pula bagi siapa saja yang memakai batik ini agar memiliki sifat sabar.

Sesuai dengan nama mega mendung, yang terdiri dari kata mega berarti awan yang luas serta mendung yang diartikan sebagai langit yang meredup atau biasa terjadi saat akan turun hujan, mega mendung bermaksud menaungi atau mengayomi. Kata mendung juga menjadi simbol Kerajaan Cirebon yang berkewajiban mengayomi dan melindungi rakyatnya,...

Reog, Sebuah Misi Protes Ki Ageng Kutu
03 September 2018

Siapa tak kenal reog? Ya, kesenian asli Indonesia yang sempat ramai diperbincangkan saat itu karena akan “diakui” oleh negara tetangga itu ternyata punya sejarah panjang.

Reog diketahui berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Konon, reog adalah misi protes Ki Ageng Kutu kepada kerajaan Majapahit kala itu yang dipimpin oleh Bhre Kertabumi yang memiliki istri seorang keturunan Tiongkok yang kebetulan mempunyai andil cukup besar dalam memonopoli kerajaan Majapahit.

Dalam tarian reog, terdapat bentuk kepala singa yang merepresentasikan Kertabumi, sebagai raja hutan, dikombinasikan dengan bulu merak yang disusun di atasnya. Bulu merak di sini merepresentasikan pengaruh Tiongkok yang setiap saat memantau gerak-gerik Kertabumi.

...

Kopi Gayo, dari Aceh untuk Dunia
03 September 2018

Indonesia sebagai salah satu produsen kopi terbaik dunia, memiliki banyak varietas kopi, salah satunya adalah kopi Gayo.  Jenis kopi ini mulai dikembangkan sejak tahun 1908 dan dibudidayakan di dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah.

Arabika Gayo menjadi salah satu varietas kopi terbaik bahkan mendapat pengakuan dari pengamat kopi dunia, terutama dari Specialty Coffee Association of Europe (SCAE). Kebanyakan kopi yang ada meninggalkan rasa pahit di lidah setelah diseruput, namun tidak demikian dengan kopi Gayo. Rasa pahit hampir tidak ada pada kopi ini. Selain itu Arabika Gayo juga menjadi salah satu kopi yang memiliki harga jual cukup tinggi di pasar dunia.

Kopi...

Arwana, Si Ikan Air Tawar Purba
03 September 2018

Bisa dibilang Arwana saat ini menjadi salah satu jenis ikan hias termahal di Indonesia. Ikan yang dikenal dengan julukan ikan lidah bertulang ini tergolong sebagai keturunan ikan air tawar purba.

Di Indonesia sendiri ikan arwana tersebar di pulau Kalimantan, Sumatra dan Papua dengan karakteristik dan jenisnya masing-masing.

Di Kalimantan sendiri terdapat spesies ikan arwana yang paling diburu di dunia. Adalah ikan arwana super red yang mayoritas tersebar di Danau Sentarum, dan juga Sungai Kapuas. Jika dilihat berdasarkan warnanya ikan arwana jenis ini terdiri dari tiga varietas, yakni merah darah, merah cabai, dan merah oranye yang konon memiliki harga fantasitis hingga...

Burung Rangkong dianggap Suci oleh Suku Dayak, Ini Alasannya!
23 August 2018

Banyaknya suku, adat, dan budaya di Indonesia semakin memperbanyak pula khasanah kita akan uniknya sejarah dari setiap suku tersebut. Salah satu yang menarik adalah pada suku Dayak di Kalimantan, konon masyarakat suku Dayak sangat mengyucikan burung rangkong.

Burung rangkong sendiri ada beberapa jenis, salah satu yang disucikan oleh suku Dayak adalah rangkong badak. Burung ini berukuran sangat besar, yaitu 110 centimeter dengan dominasi warna hitam dan putih pada bulunya. Burung ini mudah dikenali terutama dari cula pada pangkal paruhnya.

Masyarakat suku Dayak di Kalimantan memberi penghargaan yang sangat tinggi terhadap burung ini, bagi mereka selain melambangkan kesucian, rangkong badak juga...


SHOPPING CART

CLOSE